Senin, 19 Agustus 2013

analisa pasar

http://analisapasar.blogdetik.com/ Pada dasarnya, analisa pasar dilakukan untuk mengetahui seberapa besar potensi pasar yang bisa dimanfaatkan oleh pengusaha untuk mendapatkan keuntungan. Dengan bahasa yang lebih sederhana, fokus utama analisa ini adalah pasar dan peluang. Setiap pasar mempunyai peluang tersendiri dan peluang itu bisa bermanfaat hanya jika dimanfaatkan sebaik mungkin. Sebagian besar pengusaha pasti selalu tertarik dengan suatu konsep bisnis yang menawarkan peluang yang sangat besar. Namun, peluang tersebut tidak bisa dilihat sekilas karena peluang adalah sesuatu yang abstrak. Hanya dengan melakukan analisa yang komprehensif, pengusaha bisa menemukan peluang atau potensi tertentu dari suatu bisnis. Analisa pasar dilakukan untuk menemukan peluang bisnis dan potensi yang bisa dimanfaatkan. Besarnya potensi tersebut bisa diukur dengan berbagai faktor, terutama keberterimaan suatu produk atau jasa di wilayah tertentu. Bisnis bisa berjalan selama masih ada konsumen yang mau membeli produk atau jasa tertentu untuk memenuhi kebutuhan mereka. Produk atau jasa keuangan disediakan oleh pebisnis untuk memenuhi kebutuhan ini. Analisa pasar adalah faktor paling penting yang tidak boleh dilewatkan sebelum melakukan usaha tertentu. Hasil dari analisa tersebut akan sangat berguna untuk mengetahui seberapa besar potensi bisnis yang ada dan berapa lama suatu bisnis bisa bertahan. Potensi ditentukan dari berbagai faktor seperti jumlah konsumen yang mungkin berminat terhadap produk atau jasa keuangan tertentu, gaya hidup, dan kebutuhan mereka. Daerah dengan kepadatan penduduk yang sangat banyak mempunyai potensi bisnis yang luar biasa. Kota-kota besar selalu menjadi tempat yang ramai karena adanya perputaran uang yang terus berjalan setiap hari. Selain itu, pebisnis bisa memanfaatkan peluang yang besar ini untuk menawarkan produk atau jasa, tetapi mereka harus siap menghadapi persaingan pasar yang cukup ketat. Gaya hidup juga bisa menjadi potensi tersendiri yang bisa dimanfaatkan. Gaya hidup memang disesuaikan dengan karakteristik atau kepribadian setiap individu, dan setiap orang mempunyai standar tersendiri. Mereka juga lebih tertarik membeli produk atau jasa tertentu untuk memenuhi gaya hidup, meskipun produk tersebut belum tentu berguna. Pebisnis juga bisa memanfaatkan kebutuhan hidup sebagai peluang bisnis. Kebutuhan jauh lebih penting daripada gaya hidup dan setiap orang rata-rata mempunyai kebutuhan yang sama. Permalink Komentar Siapkah Anda Mulai Berbisnis? Juni 21, 2012 @ 2:06 pm · Filed under analisa pasar, online trading Menjadi pebisnis belum tentu menguntungkan bagi semua orang, tetapi banyak pebisnis baru mulai bermunculan karena mereka ingin mendapatkan kekayaan dan kebebasan dalam waktu relatif singkat. Apakah bisnis bisa menjanjikan hal semacam itu? Belum tentu. Kenyataannya, bisnis malah jauh lebih berisiko daripada menjadi karyawan. Jika Anda memutuskan untuk berhenti menjadi karyawan dan mulai berbisnis, Anda harus mempertimbangkan keputusan itu terlebih dahulu. Kebanyakan bisnis memang berisiko besar, terutama jika pebisnis tidak mengetahui analisa pasar yang tepat untuk menemukan peluang pasar. Jika mereka hanya terjebak euforia bisnis yang sedang digembar-gemborkan media massa, bisnis bisa membasmi kekayaan dan kesempatan yang Anda miliki selama ini. Bisnis tidak hanya butuh semangat dan kepercayaan diri. Bisnis butuh lebih dari itu. Jika Anda ingin mulai berbisnis, Anda harus memahami kenyataan yang ada dalam bisnis tersebut. Berhenti menjadi karyawan dan mulai berbisnis tanpa persiapan yang matang hanya akan membuat Anda merugi seumur hidup. Menjadi karyawan bukanlah pilihan yang buruk selama Anda masih mempunyai uang cukup untuk menghidupi diri sendiri dan anggota keluarga. Namun, jika Anda ingin mencari penghasilan tambahan, pilihan terbaik adalah bisnis yang tidak terlalu menguras banyak waktu dan tenaga. Ada banyak pilihan bisnis yang bisa Anda jalankan untuk mencari penghasilan tambahan tanpa perlu meninggalkan status karyawan. Anda bisa membeli franchise produk tertentu sehingga Anda tidak perlu repot-repot melakukan analisa pasar untuk mencari peluang bisnis. Bisnis franchise mempunyai sistem yang sudah teruji dan risiko kerugiannya relatif kecil. Anda juga bisa melakukan online trading dengan bantuan internet. Sudah pasti Anda hanya butuh sedikit waktu untuk menjalankan bisnis online ini karena bisa dijalankan dari mana saja. Selama Anda mempunyai koneksi internet, bisnis bisa dijalankan dengan mudah. Sudahkah Anda siap berbisnis? Bisnis apapun jika dijalankan dengan ikhlas dan serius pasti bisa memberikan keuntungan besar. Offline trading maupun online trading sama-sama memberikan peluang besar bagi siapapun yang mau mengambil risiko dan kesempatan. Jika Anda masih menyandang status karyawan, jangan tinggalkan pekerjaan kantor Anda. Mulailah berbisnis dalam skala kecil. Anda bisa meninggalkan pekerjaan Anda asalkan bisnis mulai mendatangkan keuntungan besar dan risikonya relatif kecil. Permalink Komentar Keberlangsungan Bisnis Ditentukan Analisa Pasar April 5, 2012 @ 2:58 pm · Filed under analisa pasar Seberapa besarkah peranan analisa pasar dalam memprediksi keberlangsungan suatu bisnis? Bisnis identik dengan jual beli. Bisnis menjual barang atau jasa kepada orang lain dengan laba sebagai tujuan utamanya. Keberlangsungan bisnis Anda ditentukan oleh seberapa besar respon pasar terhadap produk yang Anda tawarkan. Jika pasar tidak menerima produk Anda, sangat kecil kemungkinannya Anda mendapatkan untung besar. Pasar adalah tempat dimana penjual dan pembeli bertemu untuk memenuhi kebutuhan masing-masing. Meskipun konsep pasar modern dan pasar tradisional itu berbeda, tetapi tujuan dan fungsi dasar keduanya tetap sama. Anda bisa menerapkan analisa untuk kedua jenis pasar tersebut. Jasa keuangan juga membutuhkan pasar yang mau menerima manfaat dan kelebihan yang ditawarkannya. Intinya adalah keberlangsungan usaha Anda sangat bergantung kepada respon pasar. Ada banyak parameter yang bisa digunakan untuk menentukan analisa pasar yang akan sangat bermanfaat bagi bisnis Anda. Pasar adalah tempat dimana pembeli membutuhkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka baik yang primer atau sekunder, menemukan solusi atas permasalahan mereka, atau mencari alternatif baru untuk kebutuhan hidupnya. Orang-orang pergi ke pasar dengan tujuan masing-masing karena setiap orang mempunyai kebutuhan dasar dan kepribadian berbeda. Mengingat kebutuhan konsumen atau pelanggan Anda, produk atau jasa yang ditawarkan harus benar-benar bisa memberikan solusi yang tepat dan praktis untuk masalah dan kebutuhan mereka. Anda menganalisa konsumen dan pelanggan untuk mengetahui kebiasaan,pola pikir, selera, dan kebutuhan mereka. Respon orang terhadap produk yang Anda tawarkan berbeda-beda. Oleh karena itu, barang atau jasa harus benar-benar memenuhi apa yang mereka butuhkan. Produk atau jasa keuangan tidak akan pernah bisa sampai ke tangan konsumen tanpa ada sistem yang mendukungnya. Sistem adalah cara Anda mengelola dan menjamin keberlangsungan suatu bisnis. Anda bisa menentukan kebijakan dan strategi untuk bisnis setelah melakukan analisa terhadap pasar beserta konsumen dan pelanggan Anda. Sistem bisa menjadi kuat jika benar-benar dikelola dengan baik. Tanpa sistem yang memadai, keberlangsungan bisnis tidak akan bisa bertahan lama. Permalink Komentar Analisa Pasar Menentukan Kesuksesan Trading Januari 26, 2012 @ 11:19 am · Filed under analisa pasar, strategi pasar analisa pasar Seberapa penting analisa pasar untuk menentukan kesuksesan suatu usaha? Tidak bisa dipungkiri bahwa analisa adalah hal pertama yang perlu dilakukan sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke suatu bisnis. Tanpa adanya analisa yang akurat dan komprehensif, kemungkinan keberhasilan suatu bisnis sangatlah kecil. Analisa sendiri tidak ditentukan oleh jenis produk ataupun jasa yang ditawarkan. Analisa lebih mengarah kepada kondisi pasar yang menjadi sasaran dari bisnis yang sedang digeluti. Online trading maupun offline trading membutuhkan analisa yang akurat untuk mengurangi resiko atapun menentukan manajemen yang tepat. Analisa bisa menjadi metode yang ampuh untuk menghemat pengeluaran, tenaga, dan waktu yang dikeluarkan untuk menjalankan suatu bisnis. Ada beberapa tahap yang harus Anda pahami untuk bisa menjalankan suatu bisnis dengan cerdas. Tahap pertama adalah analisa terhadap potensi pasar. Anda tentunya tidak akan menjalankan suatu bisnis tanpa perencanaan dan persiapan yang matang. Faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam analisa pasar? Faktor penentu pertama adalah ukuran pasar yang akan ditempati untuk produk yang Anda jual baik untuk online trading maupun offline trading. Penjualan produk menjadi isu penting dalam suatu usaha. Cara yang paling efektif untuk mendapatkan data yang akurat adalah melakukan survei potensi pelanggan. Hal penting lainnya adalah presentase dari keseluruhan target pasar yang Anda bidik. Tidak ada orang yang berbisnis untuk merugi. Untung rugi adalah perhitungan paling fundamental dari suatu bisnis. Bisnis bisa tumbuh pesat seiring dengan besarnya keuntungan yang diperoleh. Potensi keuntungan haruslah menjadi prioritas dalam melakukan suatu analisa. Pebisnis hanya akan tertarik dengan peluang usaha yang menjanjikan keuntungan menarik dengan resiko yang tidak terlalu besar. Anda juga harus memahami potensi resiko dari bisnis yang Anda jalankan. Apakah produk tersebut diterima dengan baik oleh konsumen? Berapa besar keuntungan yang bisa didapatkan? Resiko apa saja yang mungkin menghambat penjualan produk? Perhitungan yang cermat akan mempermudah usaha Anda untuk menjalankan bisnis tanpa memandang produk yang Anda jual. Permalink Komentar Mengaplikasikan Analisa Pasar pada Strategi Pasar Desember 20, 2011 @ 1:57 pm · Filed under analisa pasar, strategi pasar Kenapa semua bisnis harus diawali dengan analisa pasar dan persiapan terhadap kondisi pasar saat ini? Tentu saja tujuannya supaya bisnis Anda sukses dan menjadi populer di kalangan konsumen atau pasar. Namun tujuan awal dilakukan analisa pasar adalah untuk membantu perusahaan menetapkan strategi guna memasuki dan memasarkan komoditas yang dijual kepada pasar yang tepat, mampu, ingin, dan membutuhkan. Oleh karena itu hari ini kita akan membahas mengenai bagaimana analisa pasar diaplikasikan pada strategi pasar. Strategi pasar ini dibuat berdasarkan perspektif konsumen atau pasar. Terdapat lima kelompok strategi pasar. Kelimanya merupakan cara untuk membantu Anda memfokuskan diri dan mengaplikasikan analisa pasar secara tepat untuk tiap kelompok kriteria. Kelompok pertama dalam strategi pasar adalah Strategi Cakupan Pasar. Di sini Anda bisa melakukan strategi apsar tunggal dengan memfokuskan diri untuk menjadi penjual tunggal bagi segmen pasar yang memiliki kebutuhan namun diabaikan. Kelompok kedualan adalah melakukan Strategi Geografis Pasar dimana Anda memulai dengan membuat cakupan daerah berdasarkan letak. Secara geografis, Anda bisa mentargetkan sasaran Anda dalam strategi pasar lokal, strategi pasar regional, strategi pasal nasional, dan strategi pasar internasional. Tentu saja tiap tempat memiliki cara bermain yang berbeda, standard harga yang berbeda, dan kriteria komoditas yang berbeda. Dalam memasuki pasar, perusahaan dapat mengaplikasikan 3 macam strategi. Yang pertama disebut dengan first in strategi, atau menjadi penyedia jasa/barang yang pertama. Sering disebut juga pionir atau trend creator. Yang kedua ialah dengan cara erly entry strategy. Di sini Anda harus menjadi follower tercepat. Jadi, Anda langsung segera memasuki pasar begitu pionir membuat trend baru dalam bisnis baik dalam pasar offline maupun trading online. Yang terakhir ialah dengan cara laggard market entry strategy yaitu memasuki pasar ketika pasar sedang dalam tahap pertumbuhan atau maturity. Tentu saja setiap cara memiliki pertimbangan masing-masing. Pertimbangan ini diperoleh ketika Anda melakukan riset pasar dan mencocokan dengan produk/jasa yang telah Anda hasilkan. Dengan mecocokkan criteria dan hasil analisa pasar, maka Anda bisa menetukan strategi seperti apa yang harus dilakukan. Permalink Komentar Analisa Pasar Ketahui Dunia Usaha Anda Desember 8, 2011 @ 11:02 am · Filed under analisa pasar Berbicara soal bisnis, tak akan jauh dari analisa pasar dan data-data seputar pasar umum maupun pasar khusus untuk produk/jasa yang Anda akan tawarkan. Jika Anda ingin meraih keuntungan, memangkan persaingan serta, mendapatkan customers sebanyak mungkin, maka Anda harus benar-benar serius dengan analisa pasar yang Anda buat. Analisa pasar secara umum bertujuan untuk memberikan gambaran pada para pengusaha untuk meliat kondisi karakteristik pasar secara keseluruhan, baik dari segi konsumen, segi peluang produk, serta persaingan dengan brand lain. Selain itu analisa pasar juga akan membantu Anda dalam menyusun strategi pemasaran dan strategi penjualan yag efektif dan efisien. Dalam kaitannya jasa keuangan dengan pemasaran, hasil dari analisa yang Anda lakukan terhadap pasar saat ini bisa membantu Anda menyusun harga yang tepat. Sebagaimana kita tahu, harga merupakan salah satu faktor pertimbangan utama kosumen untuk membeli suatu produk. Oleh karena itu dalam menentukan harga pun, Anda harus berhati-hati karena setiap pasar dalam daerah yang berbeda memiliki kecenderungan yang berbeda tergantung tingkat kemampuan rata-rata pembeli di pasar tersebut dan cenderung dengan jenis produk yang akan dipasarkan. Terkait dengan jenis produk, biasanya pasar membedakan produk sebagai barang mewah, barang kebutuhan dasar, dan barang pelengkap. Sedangkan untuk kriteria daerah serta konsumen, biasanya daerah tertentu memiliki mayoritas penduduk dengan tingkat hidup yang tinggi. Misalnya harga untuk kota Jakarta dan Solo bisa berbeda jauh karena sasaran pasar dan konsumen yang dituju pun memiliki karakteristik yang berbeda. Melihat dampak dari analisa pasar yang sangat significant terhadap bisnis Anda, sebaiknya Anda harus melakukan observasi yang teliti. Memulai terkadang memang lebih susah dari pada menjalani bisnis itu sendiri, oleh karenanya jangan sampai data yang Anda miliki salah. Jangan hanya mengandalkan data dari observasi Anda sendiri, namun sebaiknya juga lihat data dari instansi tertentu ataupun data yang diperoleh secara langsung dari komentar konsumen. Anda juga mendiskusikan hasil analisa pasar yang telah Anda buat dengan professional sebelum mengambil langkah berikutnya. Permalink Komentar Analisa Pasar dan Target Market Nopember 8, 2011 @ 11:47 am · Filed under analisa pasar Jangan pernah berbicara soal bisnis yang sukses, jika Anda tidak pernah membuat analisa pasar atau bahkan tidak pernah melakukannya sama sekali. Tidak ada satupun usaha di dunia ini yang bisa berjalan tanpa adanya strategi ataupun kinerja yang baik. Misalnya, Anda ingin membuka usaha kuliner, kemudian secara sembarangan membangun rumah makan, tanpa memperhatikan dana, situasi, lokasi, dan keadaan pasar, maka jangan harap Anda bisa menghasilkan untung banyak. Analisa pasar merupakan suatu bagian dalam bisnis yang memberi Anda masukan dan gambaran secara umum mengenai prospek bisnis Anda. Gambaran dari analisa bisnis dan pasar merupakan gambaran yang bersifat nyata dan netral sehingga Anda bisa memberikan pertimbangan yang baik. Dalam melakukan analisa pasar banyak hal yang perlu diperhatikan, baik itu mengenai hal yang berhubungan dengan jenis usaha, konsumen, maupun persaiangan pasar. Jika kita hendak membicarakan faktor penentu dalam penjualan, maka kita harus melakukan analisa pasar untuk target market atau umum kita sebut sebagai konsumen. Nah yang dimaksud dengan target pasar ialah memfokuskan sasaran penjualan atau online trading pada salah satu atau beberapa kelompok konsumen. Nah pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara melakukan target market? Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan target market. Yang pertama, Anda harus bisa membedakan karekteristik pasar utama yang Anda targetkan apakah itu pria atau wanita, anak-anak atau dewasa, dan lainnya. Karakteristiknya berupa apa saja yang mereka butuhkan, apa yang mereka inginkan, dan di lokasi mana sebaiknya usaha difokuskan untuk menjaring konsumen dari pasar utama. Setelah itu Anda baru bisa menentukan tingkat harga dan margin harga produk Anda. Sebaiknya Anda juga menggunakan pembanding competitor dari usaha yang sejenis sebagai bahan referensi usaha Anda. Target marketing juga membantu Anda meproyeksikan masa depan usaha dengan cara menetapkan ukuran target utama pasar dan pertumbuhan pasar utama. Hal yang mendasar lainnya dalam melakukan analisa pasar adalah sebisa mungkin mengumpulkan data dan informasi terbaru sebanyak mungkin. Permalink Komentar Penggunaan Prinsip Analisa Fundamental dalam Analisa Pasar Modal Oktober 26, 2011 @ 3:07 pm · Filed under analisa fundamental, analisa pasar Analisa Pasar Modal merupakan suatu analisis yang mencakup tentang prospek investasi dan membantu para investor (terlebih investor skala besar) untuk menilai suatu saham apakah akan memberikan prosek masa depan yang baik atau buruk. Dalam membuat analisa pasar modal tentu saja semua tidak sesederhana seperti membayangkan atau membuat forecasting hanya dengan sekali melihat kinerja perusahaan yang akan kita beli sahamnya, terlebih di dalamnya terdapat beberapa teknik yang perlu Anda ketahui. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas penggunaan analisa fundamental dalam menyusun analisa pasar modal. Apakah itu analisa fundamental? Analisa fundamental merupakan suatu metode yang didasarkan pada fundamental suatu perusahan. Didalam analisa fundamental perlu terekam kejadian-kejadian yang mempengaruhi perusahaan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Ada beberapa indicator yang digunakan dalam menilai analisa fundamental perusahaan, seperti idikator makroekeonomi, politik etika dalam mengevaluasi kurs mata uang, dan pertimbangan asset pasar. Karena analisa fundamental merupakan suatu bentuk analisa yang komplit untuk membuat analisa pasar, maka investor dapat mengaplikasikannya juga untuk investasi saham jangka panjang karena Anda bisa menilai secara lebih detail kinerja suatu perusahaan. Apa yang perlu dilakukan dalam membuat analisa fundamental untuk analisa pasar indeks saham? Secara ringkas, terdapat tiga langkah dalam menyusun analisa fundamental. Yang pertama, Anda harus menghitung secara keseluruhan kondisi ekonomi perusahaan tersebut. Tidak hanya dengan memandang keadaan ekonomi perusahaan itu sendiri, tapi juga membandingkan tingkat keadaan ekeonomi perusahaan tersebut di pasar modal. Anda bisa menilai dengan melihat tingkat inflasi, suku bunga, kepercayaan konsumen, hasil neraca, dan lain-lain. Yang kedua, Anda harus mampu untuk menghitung kondisi industry perusahaan tersebut secara keseluruhan. Kemudian, langkah ketiga adalah dengan menghitung kondisi perusahaan dengan memperhatikan kesehatan keuangannya. Dengan membuat analisa fundamental, Anda bisa mengetahui keadaan perusahaan yang sesungguhnya serta bagaimana peluangnya dalam membuat keuntungan dan bertahan dari persaingan di dalam pasar saham. Analisa pasar dengan prinsip fundamental yang baik dan jelas, Anda bisa menginvesatsikan uang Anda dengan tepat dan meminimalkan resiko. Permalink Komentar Halaman About Arsip Kategori analisa fundamental analisa pasar online trading strategi pasar Cari Meta Log in RSS 2.0 Atom WordPress maaf kami copy murid saya bila saya mengajar...karena siswa wajib masuk ke blog saya....

2 komentar:

  1. Saya agung rizky (X pemasaran)
    Semoga ini bisa jadi manfaat bagi kita semua

    BalasHapus
  2. Blognya sangat bermaat sekali, membuat orang jadi lebih tau tentang analisa pasar
    Alfani
    X pemasaran 1/05

    BalasHapus