PENGERTIAN.......by ngudi kaweruh,pondok smesa
Dalam pengertian sederhana yang di sebut sebagai Event Organizer adalah
pengelola suatu kegiatan (Pengorganisir Acara). Setiap kegiatan yang di
selenggarakan bertujuan untuk memperoleh keuntungan di kedua belah
pihak, baik penyelenggara maupun yang hadir pada saat kegiatan
berlangsung. Keuntungan ini tidak harus bersifat material namun juga
bisa bersifat non material.
Bentuk sebuah Event Organizer sendiri sebenarnya telah di kenal di
berbagai organisasi kemasyarakatan, lingkungan pekerjaan, maupun dalam
lingkungan pendidikan (in-house production). Diantaranya; kepanitian
peringatan HUT RI di lingkungan tempat tinggal kita, kepanitian Out Bond
di lingkungan kerja, kepanitian ulang tahun sekolah yang di
selenggarakan oleh OSIS, dan lain sebagainya.
Arti lain Event organizer atau EO dalam bahasa Inggris lebih dikenal
dengan Event Planner atau Event Planning. Event Organizer atau EO adalah
orang atau badan usaha yang merencanakan sebuah acara, festival,
pertunjukan, seremonial, kompetisi, pesta atau pertemuan.
Aktifitas perencanaan Event Organizer atau EO meliputi perkiraan biaya,
tanggal pelaksanaan, tempat, perijinan dan koordinasi transportasi
hingga perparkiran.Event Organizer atau EO juga melaksanakan hal-hal
berikut: mengembangkan konsep atau tema acara, memilih dan menentukan
pembicara, koordinasi kebutuhan di lapangan (listrik, sound system,
dll), dekorasi, meja, kursi, tenda, tenaga keamanan, makanan, polisi,
pemadam kebakaran, toilet, signage, petugas kesehatan profesional dan
petugas kebersihan.
Pengertian EO adalah : Usaha dalam bidang jasa yang ditunjuk secara
resmi oleh client untuk mengorganisasikan rangkaian acara, dimulai dari
proses pembuatan konsep, perencanaan, persiapan, eksekusi hingga
rangkaian acara selesai dalam rangka membantu client mewujudkan tujuan
yang diharapkan melalui rangkaian acara yang diadakan.
EVENT ORGANIZER DALAM DUNIA USAHA
Perkembangan dunia usaha di Indonesia, dewasa ini telah memperlihatkan
ke arah yang menggembirakan. Terbukti dengan semakin menjamurnya
berbagai bentuk badan usaha yang bergerak dalam bidang barang maupun
jasa, baik itu skala kecil maupun besar. Salah satunya adalah Event
Organizer.
Dalam pengertian ini yang di maksudkan dengan Event Organizer lebih
mengarah pada profesi, yaitu suatu lembaga baik formal maupun non
formal, yang di percaya untuk melakukan kegiatan. Misal; peluncuran
suatu produk baru, pesta, seminar, pagelaran musik, dan lain sebagainya,
di sesuaikan dengan permintaan pengguna jasa atau inisiatif Event
Organizer sendiri.
Di sini yang membedakan sebuah event organizer dalam bentuk kepanitian
(in-house production) dan event organizer yang mengarah pada profesi,
dapat di lihat dari keberlangsungan event organizer tersebut. Apabila
dalam bentuk kepanitiaan, setelah kegiatan selesai dilaksanakan maka
selesai pula tugas orang-orang yang terlibat di dalam kepanitiaan.
Sedangkan dalam event organizer yang mengarah pada profesi, meskipun
kegiatan telah berakhir, akan tetapi kegiatan orang-orang di dalamnya
akan tetap berlangsung.
TAHAPAN MENYELENGGARAKAN EVENT
Untuk mewujudkan kesuksesan sebuah event merupakan sebuah kerja keras
yang membutuhkan konsep yang jelas dan terarah. Di bawah ini beberapa
tahapan strategis dalam menyelenggarakan sebuah event:
1. Konsep yang menarik dan kreatif
2. Proses tahapan pembuatan event
3. Eksekusi event yang significant
Konsep Yang Menarik Dan Kreatif
Dalam rencana pembuatan konsep event, kita harus kritis dengan apa yang
sedang marak di lingkungan kita, baik lokal, nasional, maupun global
(update). Setelah tema tercipta, maka kita harus memberikan perbedaan
dalam konsep tersebut dari event organizer yang lain. Kita harus berani
melakukan eksperimen dalam pembuatan konsep yang berbeda, bahkan jika
perlu sesuatu yang belum pernah di bayangkan orang.
“Jelas itu sangat penting, karena itulah sebuah EO harus memiliki
ide-ide kreatif. Kita tidak ingin membuat suatu acara hanya sebatas
acara biasa. Tetapi alangkah baiknya jika acara tersebut dapat membuat
kenangan tersendiri. Dari konsep inilah semua rancangan acara akan kita
buat,” (Williem Hasli, Direktur Apple Advertising & Event
Organizer).
Proses Tahapan Pembuatan Event
1. Mencari konsep yang kreatif.
2. Menuangkan konsep dalam suatu rancangan tertulis.
3. Membentuk tim untuk event yang akan di selenggarakan.
4. Membicarakan konsep dengan tim dan membuat skema aturan mainnya
(Kerangka Pikiran), kemudian menyusunnya dalam bentuk proposal.
5. Menentukan pihak-pihak yang akan terlibat dalam event tersebut, dan membuat daftar tujuan proposal.
6. Menyebarluaskan proposal, dengan cara yang tepat.
7. Melakukan follow up terhadap proposal, dan memberikan batas waktu kepada calon sponsor.
8. Menghubungi seluruh supplier, pengisi acara, reconfirm venue dan
seluruh atribut pendukung lainnya. Seperti, perijinan, keamanan dll.
9. Melakukan kontrak kepada semua pihak
10. Melakukan technical meeting dengan seluruh pengisi/pendukung acara
11. Jika diperlukan melakukan konferensi pers
12. Melakukan publikasi
13. Merekruit sesuai dengan kebutuhan
14. Siap melakukan loading dan akhirnya eksekusi
Eksekusi Event Yang Significant
1. Pemilihan orang-orang yang berpotensi dan sesuai dengan posisi yang
akan dilakukan di event tersebut, misal; stage manager, seksi
perlengkapan, seksi dokumentasi, seksi konsumsi, dll..
2. Pemilihan supplier yang significant dan berkualitas, baik dalam hal perlengkapan, konsumsi, dll.
3. Membuat rundown acara yang tidak boleh ada putusnya, tetap mengalir (padat).
4. Tepat waktu.
5. Konsep event harus sesuai dengan apa yang telah dipresentasikan awal kepada klien.
6. Sesering mungkin meng-announce produk klien kepada audience, atau ucapan terima kasih.
7. Menjaga keamanan dan ketertiban event sehingga tidak menelan korban jiwa atau sejenisnya.
8. Hasil acara diliput di media cetak/elektronik
Karir dan prospek di bidang Event Organizer
Event Organizer masih terbilang bidang usaha baru. Tapi saat ini sudah
ada beberapa pelatihan atau training tentang karir atau usaha Event
Organizer. Pelatihan ini sangat dibutuhkan untuk menangani tekanan dan
efisiensi kerja. Dalam Event Organizer sangat dibutuhkan kemampuan
berkomunikasi dan berorganisasi yang baik.
Pengertian EO adalah : Usaha dalam bidang jasa yang ditunjuk secara
resmi oleh client untuk mengorganisasikan rangkaian acara, dimulai dari
proses pembuatan konsep, perencanaan, persiapan, eksekusi hingga
rangkaian acara selesai dalam rangka membantu client mewujudkan tujuan
yang diharapkan melalui rangkaian acara yang diadakan.
Untuk download materi Event Organizer klik Link download di bawah ini :
sumber : http://psmesa.blogspot.com/search?q=event+
terimakasih ibu dengan materinya (ardianti XI PMSR 1)
BalasHapusterima kasih ibu sudah membuat materi tentang event organisasi.. (Elis setyowati XI PMSR 1 .20 )
BalasHapus