Kamis, 03 Januari 2013

RPP Marketting KD 3


                                                                                                                                                            FM KUR:16
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                TGL TERBIT : 7/11/ 2012

                                                                                                                                                                                                                                                No. Revisi :00
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SATUAN PENDIDIKAN          :SMK NEGERI 1 SURABAYA 
MATA PELAJARAN                  :KOMPETENSI KEJURUAN
KOMPETENSI KEAHLIAN     :Pemasaran
MATA PELAJARAN               :Melakukan Pemasaran Barang dan Jasa
KELAS/SEMESTER                :XII / 5 dan 6
JUMLAH PERTEMUAN         :7Pertemuan


           
I .STANDAR KOMPETENSI                       :Melakukan pemasaran barang dan jasa (Marketing Mix)
II.KOMPETENSI DASAR              :Menerapkan prinsip-prinsip marketing mix
III.INDIKATOR                           :
      Kognitif
            Produk (Konten)
1.      Menjelaskan pengertian marketing mix
2.      Mengidentifikasikan faktor-faktor penunjang pemasaran
3.      Menentukan penetapan harga
4.      Menentukan lokasi penyaluran yang strategis
5.      Menjelaskan peranan promotion mix

            Proses (Study Skills, Learning Strategies)
Mampumelakukanstrategi marketing mix

     Psikomotor
                 Mampu merancang strategi marketing mix


     Afektif
1.         Menerapkan sikap cermatdalam menjelaskan pengertian marketing mix
2.         Menerapkan sikap teliti dalam mengidentifikasi factor-faktor penunjang pemasaran
3.         Menerapkan sikap jujur, kreatif, komunikatif dan mandiri dalam menyusun strategi marketing mix
    

IV.TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
Produk (Konten)
1.         Siswa mampu menjelaskan pengertian tentang marketing mix
2.         Siswa mampumengidentifikasikan faktor-faktor penunjang pemasaran
3.         Siswa mampu menentukan penetapan harga
4.         Siswa mampu menentukan lokasi penyaluran yang strategis
5.         Siswa mampumenjelaskan peranan promotion mix

Proses (Study skills, Learning strategies)
Siswa mampu melakukan strategi marketing mix

Psikomotor
            Siswamampu merancang strategi marketing mix

            Afektif
1. Karakter
-           Siswa mampu menerapkan sikap cermat dalam menjelaskan pengertian marketing mix
-          Siswa mampumenerapkan sikap teliti dalam mengidentifikasi factor-faktor penunjang pemasaran
-          Siswa mampu menerapkan sikap jujur, kreatif, komunikatif dan mandiri dalam menyusun strategi marketing mix

2.Ketrampilan Proses   
-           Siswa diberikan penugasan yang berorientasi pada soal studi kasus. Kemudian siswa diminta untuk menyusun strategi target pasar dan mnyusun perencanaan produk baru

  V.MATERI AJAR

Pertemuan ke 1          Pengertian bauran pemasaran
Pertemuan ke 2         Fungsi dan manfaat strategi bauran pemasaran
Pertemuan ke 3         faktor-faktor yang mempengaruhi strategi bauran pemasaran
Pertemuan ke 4,         Bauran pemasarn produk
Pertemuan ke 5         Bauran pemasarn harga
Pertemuan ke 6         Penetapan lokasi
Pertemuan ke 7         Bauran pemasarn promosi dan penetapan strategi promosi

VI.ALOKASI WAKTU :  2 X 45 MENIT

 VII.MODELDAN METODE  PEMBELAJARAN
1.Model pembelajaran                          :   Kooperatif
2.Metodepembelajaran                          :DiskusidanPemberiantugas

 VIII.PROSES BELAJAR MENGAJAR  :
Pertemuanke- 1,2, 3, 4, 5, 6, dan 7

No
KegiatanPembelajaran
Penilaian


1
2
3
4
1
Pendahuluan
a.        Orientasi
1. Membuka pelajaran dengan salam secarankomunikatif.
2. Memeriksa kehadiran siswa secara komunikatif, disiplin dan tanggung jawab.
b.        Apersepsi
1.    Guru memberikan umpan kepada siswa-siwanya tentang  materi yang akan dibahas sehingga dapat menarik minat dan kreatifitas dari siswa.
2.    Guru juga menjabarkan tujuan pembelajaran kepada siswa secara tanggung jawab.
c.  Motivasi
1.  Memperhatikan minat siswa secara toleransi dan demokratis.
2.  Menumbuhkan sikap berani siswa dalam menyampaikan pendapat.
3.  Menimbulkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang disampaikan.





2
KegiatanInti
a.Eksplorasi
Menerapkan prinsip-prinsip marketing mix
b.Elaborasi
1.     Memberikan pelatihan dengan soal-soal latihan.
2.     Membahas soal latihan dengan siswa agar siswa mengetahui letak kesalahan dari jawabannya di dalam soal-soal latihan.
c.Konfirmasi
     Memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya dan mengajukan pendapatnya.





3
Penutup
a.        Melakukan tanya jawab tentang materi yang disampaikan secara bersahabat dan komunikatif.
b.        Menyimpulkan materi yang disampaikan secara komunikatif.
c.        Memberikan tugas kepada para siswa dengan toleransi, disiplin dan tanggung jawab.
d.        Menyampaikan salam penutup secara komunikatif.







          IX.PENILAIAN HASIL BELAJAR
a.TeknikPenilaian                        :   
1.        Tes tertulis
2.        Penugasan

b.BentukInstrumen   :
Tes Subyektif
            c. Instrumen Penilaian
No.
Indicator
Bentuk Soal
Soal
Penyelesaian
Skor
1.









2. 
































3
















4.

















5.





Menjelaskan marketing mix








Mengidentifikasikan faktor-faktor penunjang pemasaran






























Menentukan penetapan harga















Menentukan lokasi penyaluran yang strategis















Menjelaskan peranan promotion mix







Uraian









Uraian
































Uraian
















Uraian

















Uraian





Jelaskan pengertian marketing mix !








Jelaskan faktor-faktor penunjang yang menjadi bagian dari marketing mix !





























Jelaskan peranan penentuan harga pada strategi marketing mix !













Jelaskan pertimbangan-pertmbangan yang perlu diperhatikan dalam memilih dan menentukan lokasi !













Jelaskan peranan peranan promotion mix  pada strategi marketing mix !





Marketing mix adalah kombinasi dan empat variabel yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan dan dapat dikendalikan oleh perusahaan seefektif mungkin



Faktor-faktor penunjang pemasaran diantaranya :
1. Product
adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi
2. Price
yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk
3. Place
yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran
4. Promotion
yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran.


Peranannya adalah :
1. Menentukan pendapatan yang diterima oleh perusahaan
2.Menentukan seberapa jauh sebuah layanan jasa dinilai oleh konsumen
3.Membangun citra perusahaan
4. Memberikan persepsi tertentu dalam hal kualitas

1. Kedekatan dengan kawasan industry
2. Kedekatan dengan lokasi perkantoran
3. Kedekatan dengan lokasi pasar
4. Kedekatan dengan pusat pemerintahan
5. Kedekatan lokasi perumahan atau masyarakat
6. Jumlah pesaing yang ada di lokasi
7. Sarana dan prasarana


Peranan promotion mix dalam strategi marketing mix diantaranya adalah :
1. Menginformasikan (informing)
2. Membujuk pelanggan sasaran (persuading)
3. Mengingatkan (reminding)

20









20
































20
















20

















20









Total skor maksimal
100

PedomanPenskoran   :

X .SUMBER BELAJAR     :

a.    SumberBelajar             :   
`     Modul


b.        Media Belajar            :
·       Media
Papan tulis white board dan LCD Proyektor

XI.Daftar Pustaka   :
·        Ngadiman, dkk. Marketing untuk SMK. 2008. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
·        Rizal, Samsul dan Widanigsih. Modul Melakukan Pemasaran Barang dan Jasa. 2011. Bandung. Erlangga




                                                                                                    Surabaya,   Agustus  2012
Mengetahui                                                                                
Kepala Sekolah SMK N 1 Surabaya                                          Guru Mata Pelajaran                            


Drs. Sugiono,M.Pd                                                       Dra.Hj.BintaryPurwaningsih M.Si          NIP.19590705 198603 1 027                                         NIP. 19610425 198603 2 008







MATERI AJAR
BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)
Marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the target market. (Philip Kotler, Marketing Management, 1997:92), yang kurang lebih memiliki arti bahwa bauran pemasaran adalah sejumlah alat-alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk meyakinkan objek pemasaran atau target pasar yang dituju.
Berikut aspek-aspek bauran pemasaran (4 P) :
1.                  Product
Merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar. Secara konseptual produk adalah pemahaman subjektif dari produsen atas sesuatu yang bisa ditawarkan sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi memenuhi pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen serta daya beli pasar. Ada lima tingkatan produk, diantaranya:
  • Produk inti (core product)
  • Produk generic
  • Produk yang diharapkan (expected product)
  • Produk tambahan (augmented product)
  • Produk potensial
2.                  Price
Harga merupakan segala bentuk biaya moneter yang dikorbankan oleh konsumen untuk memperoleh, memiliki, memanfaatkan sejumlah kombinasi barang serta pelayanan dari suatu produk. Sedangkan penetapan harga merupakan cara untuk membedakan penawarannya bagi para pesaing dan sejumlah uang yang dibutuhkan  untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang atau jasa beserta pelayanannya.
Peran penentuan harga, yaitu :
  • Menentukan pendapatan yang diterima oleh perusahaan
  • Menentukan seberapa jauh sebuah layanan jasa dinilai oleh konsumen
  • Membangun citra perusahaan
  • Memberikan persepsi tertentu dalam hal kualitas
Perusahaan menetapkan suatu harga dengan melakukan pendekatan penetapan harga secara umum yang meliputi satu atau lebih diantara tiga perangkat perimbangan berikut ini yakni:
1.            Cost-Based Pricing (Penetapan harga berdasarkan biaya)
(a)          Cost-Plus-Pricing (Penetapan harga biaya plus)
Metode ini merupakan metode penelitian harga yang paling sederhana, dimana metode ini menambah standar mark-up terhadap biaya produk.
(b)          Break Even Analysis and Target Profit Pricing (Analisis peluang pokok dan penetapan harga laba sasaran).
Suatu metode yang digunakan perusahaan untuk menetapkan harga apakah akan break even atau membuat target laba yang akan dicari.
2.            Value-Based Pricing (Penetapan harga berdasarkan nilai)
Metode ini menggunakan satu persepsi nilai dari pembeli (bukan dari biaya penjualan) untuk menetapkan suatu harga.

3.            Competition-Based Pricing (Penetapan harga berdasarkan persaingan)
(a)          Going-rate Pricing (Penetapan harga berdasarkan harga yang berlaku)
Perusahaan mendasarkan harganya pada harga pesaing dan kurang memperhatikan biaya dan permintaannya. Perusahaan dapat mengenakan harga yang sama, lebih tinggi atau lebih rendah dan pesaing utamanya.

(b)          Scaled-Bid Pricing (Penetapan harga penawaran tertutup)
Perusahaan menetapkan pesaing dan bukan berdasarkan hubungan yang kaku atas biaya atau permintaan perusahaan
3.                  Place
Yaitu kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Kegiatan Place  mencakup:
Lokasi
Berhubungan dengan dimana perusahan harus bermarkas dan melakukan operasi kegiataanya. Ada tiga interaksi yang mempengaruhi lokasi, yaitu:
  • Konsumen mendatangi pemberi jasa
  • Pemberi jasa mendatangi konsumen
  • Pemberi jasa dan konsumen tidak bertemu secara langsung
Saluran distribusi
Mencakup penjual langsung, agen (broker), dan waralaba (franchising).
4.                  Promotion
Adalah upaya untuk mengarahkan seseorang agar dapat mengenal produk perusahaan, lalu memahaminya, berubah sikap, menyukai, yakin, kemudian akhirnya membeli dan selalu ingat akan produk tersebut. Tujuan promosi antara lain:
  • Menginformasikan (informing)
  • Membujuk pelanggan sasaran (persuading)
  • Mengingatkan (reminding)
Sedangkan bauran promosi diantaranya:
  • Iklan (advertising)
Suatu promosi barang atau jasa yang sifatnya non personal dilakukan oleh sponsor yang diketahui.
  • Penjualan perorangan (personal selling)
Penjualan perorangan yang dilakukan oleh para wiraniaga yang mencoba dan membujuk untuk melakukan penjualan sekaligus
  • Promosi penjualan (sales promotion)
Suatu kegiatan yang dimaksud untuk membantu mendapatkan konsumen yang bersedia membeli produk atau jasa suatu perusahaan.
  • Hubungan masyarakat (public relation)
Suatu kegiatan pengiklanan secara tidak langsung dimana produk atau jasa suatu perusahaan disebarluaskan oleh media komunikasi.
  • Informasi dari mulut ke mulut (word of mouth)
  • Penjualan langsung (direct selling)
Melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar