Jumat, 11 Januari 2013

RPP Marketting KD 1

FM KUR:16
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              TGL TERBIT : 7/11/ 2012
                                                                                                                                                                                                                                               No. Revisi :00

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


SATUAN PENDIDIKAN          :SMK NEGERI 1 SURABAYA 
MATA PELAJARAN                  :KOMPETENSI KEJURUAN
KOMPETENSI KEAHLIAN     :Pemasaran
MATA PELAJARAN               :MelakukanPemasaranBarangdanJasa
KELAS/SEMESTER                :XII / 5dan 6
JUMLAH PERTEMUAN     :6Pertemuan



           
.STANDAR KOMPETENSI                       :Melakukanpemasaranbarangdanjasa (Marketing Mix)
II.KOMPETENSI DASAR              :Mengidentifikasisegmentasipasar
III.INDIKATOR                           :
      Kognitif
            Produk (Konten)
1.      Menjelaskanpengertiansegmentasipasar
2.      Menguraikantujuandanmanfaatsegmentasipasar
3.      Menyebutkansyarat-syaratsegmentasipasar
4.      Menyebutkandasarsegmentasipasar

            Proses (Study Skills, Learning Strategies)
Melakukanstrategisegmentasipasar

     Psikomotor
                 Merancangstrategisegmentasipasar


     Afektif
1.         Menerapkan sikap cermat, dan teliti dalam menjelaskanpengertiandanmenyebutkansyarat-syaratsegmentasipasar
2.         Menerapkansikapjujur, kreatifdankomunikatifdalammenyusunstrategisegmentasipasar
    


IV.TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
Produk (Konten)
1.         Siswa mampumenjelaskanpengertiantentangsegmentasipasar.
2.         Siswa mampumenguraikantujuandanmanfaatsegmentasipasar
3.         Siswamampumenyebutkansyarat-syaratsegmentasipasar
4.         Siswamampumenyebutkandasarsegmentasipasar

Proses (Study skills, Learning strategies)
Siswa mampu menyusunsegmentasipasar

Psikomotor
                        Siswa mampu merancangstrategisegmentasipasar

            Afektif
1. Karakter
-           Siswa mampu menerapkan sikap cermat, dan teliti dalam menjelaskanpengertiandanmenyebutkansyarat-syaratsegmentasipasar
-          Siswa mampumenerapkansikapjujur, kreatifdankomunikatifdalammenyusunstrategisegmentasipasar.

2.Ketrampilan Proses   
-           Siswadiberikanpenugasan yang berorientasipadasoalstudikasus. Kemudiansiswadimintauntukmenyusunstrategisegmentasipasar

  V.MATERI AJAR

Pertemuan ke 1          Pengertiansegmentasipasar
Pertemuan ke 2         Tujuandanmanfaatsegmentasipasar
Pertemuan ke 3         Kriteriasegmenyasipasar
Pertemuan ke 4         Syarat-syaratsegmentasipasar
Pertemuan ke 5         Dasarsegmentasipasar
Pertemuan ke 6         Menyusunstrategisegmentasipasar


VI.ALOKASI WAKTU :  2 X 45 MENIT

 VII.MODELDAN METODE  PEMBELAJARAN
1.Modelpembelajaran                           :   Kooperatif
2.Metodepembelajaran                          :DiskusidanPemberiantugas

 VIII.PROSES BELAJAR MENGAJAR  :
Pertemuanke- 1,23, 4, 5 dan 6

No
KegiatanPembelajaran
Penilaian


1
2
3
4
1
Pendahuluan
a.        Orientasi
1. Membuka pelajaran dengan salam secarankomunikatif.
2. Memeriksa kehadiran siswa secara komunikatif, disiplin dan tanggung jawab.
b.        Apersepsi
1.    Guru memberikan umpan kepada siswa-siwanya tentang  materi yang akan dibahas sehingga dapat menarik minat dan kreatifitas dari siswa.
2.    Guru juga menjabarkan tujuan pembelajaran kepada siswa secara tanggung jawab.
c.  Motivasi
1.  Memperhatikan minat siswa secara toleransi dan demokratis.
2.  Menumbuhkan sikap berani siswa dalam menyampaikan pendapat.
3.  Menimbulkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang disampaikan.





2
KegiatanInti
a.Eksplorasi
Menjelaskan materi tentangsegmentasipasar.
b.Elaborasi
1.     Memberikan pelatihan dengan soal-soal latihan.
2.     Membahas soal latihan dengan siswa agar siswa mengetahui letak kesalahan dari jawabannya di dalam soal-soal latihan.
c.Konfirmasi
     Memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya dan mengajukan pendapatnya.





3
Penutup
a.        Melakukan tanya jawab tentang materi yang disampaikan secara bersahabat dan komunikatif.
b.        Menyimpulkan materi yang disampaikan secara komunikatif.
c.        Memberikan tugas kepada para siswa dengan toleransi, disiplin dan tanggung jawab.
d.        Menyampaikan salam penutup secara komunikatif.







          IX.PENILAIAN HASIL BELAJAR
a.TeknikPenilaian                        :   
1.        Tes tertulis
2.        Penugasan

b.BentukInstrumen   :
Tes Subyektif
            c. InstrumenPenilaian
No.
Indicator
BentukSoal
Soal
Penyelesaian
Skor
1.









2. 






















3











4.









































5.





















6.







Menjelaskanpengertiansegmentasipasar








Menjelaskantujuansegmentasipasar





















Menjelaskanmanfaatsegmentasipasar










Menyebutkansyarat-syaratsegmentasipasar








































Menyebutkandasarsegmentasipasar




















Melakukansegmentasipasar



Uraian









Uraian






















Uraian











Uraian









































Uraian





















Uraian

























Jelaskanpengertiansegmentasipasar!








Jelaskantujuanperusahaanmelakukansegmentasipasar !




















Jelaskanmanfaatdarisegmentasipasar !










Sebutkandanjelaskansyarat-syaratsegmentasipasar !







































Sebutkandasarsegmentasipasar !




















Jelaskantahapan-tahapansegmentasipasar !
























Segmentasipasaradalahkegiatanmembagipasarmenjadikelompokpembeli yang terbedakandengankebutuhan, karakteristik, atautingkahlakuberbeda yang mungkinmembutuhkanprodukataubauranpemasaranterpisah

Tujuandarisegmentasipasardiantaranya :
  • Pasarlebihmudahdibedakan
  • Pelayanankepadapembelimenjadilebihbaik
  • Strategipemasaranmenjadilebihmengarah
  • Peningkatan volume penjualanpangsapasar, danlabapenjualan

Manfaatdarisegemtasipasaradalahperusahaandapatmerancangproduk yang benar-benarcocokdenganpermintaanpasar. Dalamhalini, media periklanandapatdidayagunakansecaraefektifkarenapesan-pesanpromosilebihterarahpadasetiapsegmenpasar


Syarat-syaratsegmentasiadalah :

1. DapatDiukur (Measurability), yaituinformasimengenaisifatsifat
pembeli yang mencakupukuran, dayabelidansegmen
yangdapatdiukur.

2. Dapatdijangkau (Accessibility), yaitusegmenpasardapat
dijangkaudandilayanisecaraefektif.

3. Besarnyacakupan (Substantiality), yaitutingkatkeluasan
segmenpasardanmenjanjikankeuntunganbiladilayani. Suatu
segmensebaiknyamerupakankelompok yang homogendengan
jumlah yang cukupbesar, sehinggacukupbernilaijikadilayani
dengan program pemasaran yang disesuaikan.

4. Dapatdilaksanakan, yakni program yang efektifdapatdirancang
untukmenarikdanmelayanisegmentersebut.

Pembagianpasardapatdilakukanatasdasar :
·         Geografis
Membagisegmenpasarsecarageografisartinyapengelompokankonsumennyadidasarkanatastempat, lokasidandaerahnya

·         Demografi
Segmentasiberdasarkandemografiadalahberkaitandenganmasalahkependudukan

·         Psikografi
Dalamhalinisegmentasipasar yang digunakanadalahberdasaratasciri-cirikepribadiannya


Terdapattigatahapan yang umumnyadilakukanolehperusahaandalammelaksanakansegmentasipasar, yaitu :
1. Tahap survey, yaitupenelitimelakukanwawancaradanpengamatan

2. Tahapanalisa, yaknipenelitimengolah data dengananalisa factor untukmembuangvariabel yang berkorelasitinggi. Kemudianpenelitimenerapkananalisakelompokuntukmenghasilkansegmen yang berbedasecaramaksimum.

3. Tahappembentukan, yaknitiapkelompokdibentukberdasarkanperbedaansikap, perilaku, demografis, psikografis. Tiapsegmendiberinamasesuaidengansifat–sifatdominan yang membedakannya

10









15






















15












15








































20























25





Total skormaksimal
100

PedomanPenskoran   :

X .SUMBER BELAJAR     :
a.    SumberBelajar             :   
`     Modul

b.        Media Belajar            :
·       Media
Papan tulis white board dan LCD Proyektor

XI.Daftar Pustaka   :
·        Ngadiman, dkk. Marketing untuk SMK. 2008. Jakarta: DirektoratPembinaanSekolahMenengahKejuruan
·        Rizal, SamsuldanWidanigsih. ModulMelakukanPemasaranBarangdanJasa. 2011. Bandung. Erlangga























              
                                                                                                                                       LEMBAR KERJA SISWA
Tugas Perorangan
Di bawah ini ada bermacam-macam barang yang yang perlu Anda pasarkan  menurut segmentasi pasar berdasarkan Faktor Demografi, Geografis, Tingkat
penghasilan, Sosiologis, Psikologis. Isilah  tanda  ?  (ceck list) pada kolom tersedia, boleh mengisi cek lis pada lebih dari satu kolom, seperti contoh pada
barang”Radio”.
No
Nama Barang
Geografis
Demografis
Tingkat
Penghasilan
Sosiologis
Psikologis
A
B
C
D
E
F
G
H
I
J
K
L
M
N
O
P
Q
R
S
T
1
Radio
?
?
?
?
?
?
?
?
?
?
?
?
?
?
?
?
?
?
?
?
2
TV




















3
VCD




















4
Sepatu roda




















5
Kereta bayi




















6
Sandal Jepit




















7
Komputer




















8
Ensiklopedia




















9
Play station




















10
Hand phone




















11
Rumah BTN

























12
Real Estate




















13
Rice cooker




















14
Vacum Cleaner




















15
Termos air
































Keterangan:
A.  Daerah sejuk                    E. Laki-laki                             I.  < Rp.500.000,-                                               M. Pengusaha/Pejabat                                               Q. Introvert
B.  Daerah panas                   F.  Permpuan                          J.  Rp.500.000-Rp.1.000.000,-                            N.  PNS/Parajurit                                               R. Extrovert
C.  Daerah gunung                 G. Usia   10-25                       K. Rp.1000.000-Rp2.500.000,-                           O.  Buruh/tani                                               S. Procrasnator
D.  Daerah panas                   H. Usia 26-ke atas                 L.  >Rp.2.500.000,-                                            P.  Artis/selebritis                                               T. Pen


Surabaya,   Agustus  2012
Mengetahui                                                                                
Kepala Sekolah SMK N 1 Surabaya                                          Guru Mata Pelajaran                             


Drs. Sugiono,M.Pd                                                    Dra.Hj.BintaryPurwaningsihM.Si           NIP.19590705 198603 1 027                                       NIP. 19610425 198603 2 008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar