FM KUR:16
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TGL TERBIT : 7/11/ 2012
No. Revisi :00
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN PENDIDIKAN :SMK NEGERI 1 SURABAYA
MATA PELAJARAN :KOMPETENSI KEJURUAN
KOMPETENSI KEAHLIAN :Pemasaran
MATA PELAJARAN :MelakukanPemasaranBarangdanJasa
KELAS/SEMESTER :XII / 5dan 6
JUMLAH PERTEMUAN :6Pertemuan
I .STANDAR KOMPETENSI :Melakukanpemasaranbarangdanjasa (Marketing Mix)
II.KOMPETENSI DASAR :Mengidentifikasisegmentasipasar
III.INDIKATOR :
Kognitif
Produk (Konten)
1. Menjelaskanpengertiansegmentasipasar
2. Menguraikantujuandanmanfaatsegmentasipasar
3. Menyebutkansyarat-syaratsegmentasipasar
4. Menyebutkandasarsegmentasipasar
Proses (Study Skills, Learning Strategies)
Melakukanstrategisegmentasipasar
Psikomotor
Merancangstrategisegmentasipasar
Afektif
1. Menerapkan sikap cermat, dan teliti dalam menjelaskanpengertiandanmenyebutkansyarat-syaratsegmentasipasar
2. Menerapkansikapjujur, kreatifdankomunikatifdalammenyusunstrategisegmentasipasar
IV.TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
Produk (Konten)
1. Siswa mampumenjelaskanpengertiantentangsegmentasipasar.
2. Siswa mampumenguraikantujuandanmanfaatsegmentasipasar
3. Siswamampumenyebutkansyarat-syaratsegmentasipasar
4. Siswamampumenyebutkandasarsegmentasipasar
Proses (Study skills, Learning strategies)
Siswa mampu menyusunsegmentasipasar
Psikomotor
Siswa mampu merancangstrategisegmentasipasar
Afektif
1. Karakter
- Siswa mampu menerapkan sikap cermat, dan teliti dalam menjelaskanpengertiandanmenyebutkansyarat-syaratsegmentasipasar
- Siswa mampumenerapkansikapjujur, kreatifdankomunikatifdalammenyusunstrategisegmentasipasar.
2.Ketrampilan Proses
- Siswadiberikanpenugasan yang berorientasipadasoalstudikasus. Kemudiansiswadimintauntukmenyusunstrategisegmentasipasar
V.MATERI AJAR
Pertemuan ke 1 Pengertiansegmentasipasar
Pertemuan ke 2 Tujuandanmanfaatsegmentasipasar
Pertemuan ke 3 Kriteriasegmenyasipasar
Pertemuan ke 4 Syarat-syaratsegmentasipasar
Pertemuan ke 5 Dasarsegmentasipasar
Pertemuan ke 6 Menyusunstrategisegmentasipasar
VI.ALOKASI WAKTU : 2 X 45 MENIT
VII.MODELDAN METODE PEMBELAJARAN
1.Modelpembelajaran : Kooperatif
2.Metodepembelajaran :DiskusidanPemberiantugas
VIII.PROSES BELAJAR MENGAJAR :
Pertemuanke- 1,2, 3, 4, 5 dan 6
No
|
KegiatanPembelajaran
|
Penilaian
| |||
1
|
2
|
3
|
4
| ||
1
|
Pendahuluan
a. Orientasi
1. Membuka pelajaran dengan salam secarankomunikatif.
2. Memeriksa kehadiran siswa secara komunikatif, disiplin dan tanggung jawab.
b. Apersepsi
1. Guru memberikan umpan kepada siswa-siwanya tentang materi yang akan dibahas sehingga dapat menarik minat dan kreatifitas dari siswa.
2. Guru juga menjabarkan tujuan pembelajaran kepada siswa secara tanggung jawab.
c. Motivasi
1. Memperhatikan minat siswa secara toleransi dan demokratis.
2. Menumbuhkan sikap berani siswa dalam menyampaikan pendapat.
3. Menimbulkan rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang disampaikan.
| ||||
2
|
KegiatanInti
a.Eksplorasi
Menjelaskan materi tentangsegmentasipasar.
b.Elaborasi
1. Memberikan pelatihan dengan soal-soal latihan.
2. Membahas soal latihan dengan siswa agar siswa mengetahui letak kesalahan dari jawabannya di dalam soal-soal latihan.
c.Konfirmasi
Memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya dan mengajukan pendapatnya.
| ||||
3
|
Penutup
a. Melakukan tanya jawab tentang materi yang disampaikan secara bersahabat dan komunikatif.
b. Menyimpulkan materi yang disampaikan secara komunikatif.
c. Memberikan tugas kepada para siswa dengan toleransi, disiplin dan tanggung jawab.
d. Menyampaikan salam penutup secara komunikatif.
|
IX.PENILAIAN HASIL BELAJAR
a.TeknikPenilaian :
1. Tes tertulis
2. Penugasan
b.BentukInstrumen :
Tes Subyektif
c. InstrumenPenilaian
No.
|
Indicator
|
BentukSoal
|
Soal
|
Penyelesaian
|
Skor
|
1.
2.
3
4.
5.
6.
|
Menjelaskanpengertiansegmentasipasar
Menjelaskantujuansegmentasipasar
Menjelaskanmanfaatsegmentasipasar
Menyebutkansyarat-syaratsegmentasipasar
Menyebutkandasarsegmentasipasar
Melakukansegmentasipasar
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
Jelaskanpengertiansegmentasipasar!
Jelaskantujuanperusahaanmelakukansegmentasipasar !
Jelaskanmanfaatdarisegmentasipasar !
Sebutkandanjelaskansyarat-syaratsegmentasipasar !
Sebutkandasarsegmentasipasar !
Jelaskantahapan-tahapansegmentasipasar !
|
Segmentasipasaradalahkegiatanmembagipasarmenjadikelompokpembeli yang terbedakandengankebutuhan, karakteristik, atautingkahlakuberbeda yang mungkinmembutuhkanprodukataubauranpemasaranterpisah
Tujuandarisegmentasipasardiantaranya :
Manfaatdarisegemtasipasaradalahperusahaandapatmerancangproduk yang benar-benarcocokdenganpermintaanpasar. Dalamhalini, media periklanandapatdidayagunakansecaraefektifkarenapesan-pesanpromosilebihterarahpadasetiapsegmenpasar
Syarat-syaratsegmentasiadalah :
1. DapatDiukur (Measurability), yaituinformasimengenaisifatsifat
pembeli yang mencakupukuran, dayabelidansegmen
yangdapatdiukur.
2. Dapatdijangkau (Accessibility), yaitusegmenpasardapat
dijangkaudandilayanisecaraefektif.
3. Besarnyacakupan (Substantiality), yaitutingkatkeluasan
segmenpasardanmenjanjikankeuntunganbiladilayani. Suatu
segmensebaiknyamerupakankelompok yang homogendengan
jumlah yang cukupbesar, sehinggacukupbernilaijikadilayani
dengan program pemasaran yang disesuaikan.
4. Dapatdilaksanakan, yakni program yang efektifdapatdirancang
untukmenarikdanmelayanisegmentersebut.
Pembagianpasardapatdilakukanatasdasar :
· Geografis
Membagisegmenpasarsecarageografisartinyapengelompokankonsumennyadidasarkanatastempat, lokasidandaerahnya
· Demografi
Segmentasiberdasarkandemografiadalahberkaitandenganmasalahkependudukan
· Psikografi
Dalamhalinisegmentasipasar yang digunakanadalahberdasaratasciri-cirikepribadiannya
Terdapattigatahapan yang umumnyadilakukanolehperusahaandalammelaksanakansegmentasipasar, yaitu :
1. Tahap survey, yaitupenelitimelakukanwawancaradanpengamatan
2. Tahapanalisa, yaknipenelitimengolah data dengananalisa factor untukmembuangvariabel yang berkorelasitinggi. Kemudianpenelitimenerapkananalisakelompokuntukmenghasilkansegmen yang berbedasecaramaksimum.
3. Tahappembentukan, yaknitiapkelompokdibentukberdasarkanperbedaansikap, perilaku, demografis, psikografis. Tiapsegmendiberinamasesuaidengansifat–sifatdominan yang membedakannya
|
10
15
15
15
20
25
|
Total skormaksimal
|
100
|
PedomanPenskoran :
X .SUMBER BELAJAR :
a. SumberBelajar :
` Modul
b. Media Belajar :
· Media
Papan tulis white board dan LCD Proyektor
XI.Daftar Pustaka :
· Ngadiman, dkk. Marketing untuk SMK. 2008. Jakarta: DirektoratPembinaanSekolahMenengahKejuruan
· Rizal, SamsuldanWidanigsih. ModulMelakukanPemasaranBarangdanJasa. 2011. Bandung. Erlangga
LEMBAR KERJA SISWA
Tugas Perorangan
Di bawah ini ada bermacam-macam barang yang yang perlu Anda pasarkan menurut segmentasi pasar berdasarkan Faktor Demografi, Geografis, Tingkat
penghasilan, Sosiologis, Psikologis. Isilah tanda ? (ceck list) pada kolom tersedia, boleh mengisi cek lis pada lebih dari satu kolom, seperti contoh pada
barang”Radio”.
|
Keterangan:
A. Daerah sejuk E. Laki-laki I. < Rp.500.000,- M. Pengusaha/Pejabat Q. Introvert
B. Daerah panas F. Permpuan J. Rp.500.000-Rp.1.000.000,- N. PNS/Parajurit R. Extrovert
C. Daerah gunung G. Usia 10-25 K. Rp.1000.000-Rp2.500.000,- O. Buruh/tani S. Procrasnator
D. Daerah panas H. Usia 26-ke atas L. >Rp.2.500.000,- P. Artis/selebritis T. Pen
Surabaya, Agustus 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah SMK N 1 Surabaya Guru Mata Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar