Minggu, 06 Januari 2013

pentingnya penetapan target pasar

Pentingnya Penetapan Target Pasar
 0
 0
Pertanyaan
Saya finalis kontes Ide Muda, yang diselenggarakan Kadin Jateng 20 November 2012. Sebelumnya, saya mendapatkan pembekalan tim Kadin Jateng, sehingga bisa memperbaiki proposal bisnis.
Dalam pembekalan itu, materi yang telah saya buat dibenahi terkait pentingnya penetapan target pasar dalam pembuatan proposal bisnis.
Terus terang selama ini saya belum terpikir untuk hal yang satu itu, karena menurut pendapat saya yang paling utama adalah kualitas dan keunikan produk. Produk saya adalah Redus Art, pembuatan produk furnitur dari kardus bekas. Produk ini belum banyak dibuat, terutama di Jateng.
Mengapa penetapan target pasar menjadi sangat penting? Kemudian bagaimana kaitan antara target pasar dengan aspek-aspek lainnya dalam bisnis?
Terima kasih.


Purbo Adi Wicaksono
Semarang

Jawaban
Selamat kepada Mas Purbo yang telah masuk 10 finalis Kontes Wirausaha Muda. Pertanyaan Anda sangat bagus dan jawaban ini bisa menjadi masukan bagi seluruh pebisnis di awal usaha.
Pola pikir ‘’yang penting kualitas produk maka pasar yang akan mendekat dan membeli’’ adalah pola pikir pemasaran lama. Kini dengan persaingan yang makin rumit, pemasar harus memiliki kemampuan yang hebat untuk menguasai pikiran konsumen. Jadi, bisnis apa pun, pertanyaan pertamanya adalah: ada atau tidak pasarnya?
Betapa penting menentukan target pasar. Setelah ide produk ada, maka pertanyaan berikutnya adalah siapa yang mau membeli produk itu? Produk bagus, unik, istimewa, tapi kalau pasarnya tidak ada, ke mana kita harus menjual produk itu? Sebagian besar peserta Ide Muda terjebak pada produk yang unik, yang gila, yang luar biasa, tapi lupa untuk menetapkan target pasar, akibatnya kelayakan bisnisnya jadi rendah.
Target pasar, ujung-ujungnya akan terkait dengan beberapa hal dalam bauran pemasaran, seperti aspek harga, saluran pemasaran, dan cara promosi. Ada peserta dengan ide yang luar biasa, namun ketika mengabaikan penetapan target pasar, maka strategi promosinya jadi tidak nyambung.
Bayangkan, target pasarnya adalah petani dan pedagang sayur kelilingan kampung, tetapi media promosinya melalui internet, bagaimana pesannya bisa sampai?
Atau yang lain lagi, produknya adalah sayuran dan buah hidroponik, yang sangat menyehatkan dan dijual dengan harga yang lebih mahal dari sayuran biasa, tapi konsumen yang dibidik adalah kalangan bawah.
Dari contoh-contoh itu, betapa pentingnya menetapkan target pasar yang tepat. Jelasnya, setelah tahu target konsumen, maka Anda akan tahu beberapa segmentasi mereka. Bagaimana perilaku membelinya, apakah yang penting murah atau bergengsi? Bagaimana cara mereka menyerap informasi? Di mana saja mereka tinggal, dll. Dari segmentasi target pasar itu, Anda baru bisa merumuskan aspek harga, produk, cara produksi, aspek saluran pemasarannya, dan bagaimana cara berpromosinya.
Jadi, kalau seorang pebisnis masih samar-samar menjelaskan target pasar, maka cara dia menetapkan strategi promosi juga masih samar-samar. Kalau produk Anda furnitur dari limbah kardus, maka Anda harus perhatikan aspek-aspek seperti: bagaimana image limbah kardus di benak konsumen dengan kelas yang beragam ini? Kedua, bagaimana image produk desain Anda yang kreatif di benak mereka?
Nah, di sini Anda baru bisa menangkap gambaran besar siapa kira-kira yang mau membeli produk dari Redus Art. Selanjutnya baru Anda menetapkan target pasar Anda. Dalam pemasaran target pasar harus dideskripsikan dengan jelas dan detail, mulai dari usia, status sosial ekonomi, gaya hidup, dan wilayah/lokasi mereka.
Itulah sebabnya dalam memulai bisnis Anda ditekankan untuk dua hal terlebih dulu yaitu ide bisnis dan target pasar. Dari dua aspek inilah yang melandasi kelayakan bisnis yang  Anda usulkan. Jika dua hal ini Anda sudah bisa mengoneksikan secara rasional, maka akan terlihat logika keuangannya nanti, berapa lama modal kembali, berapa besar laba yang Anda peroleh, seberapa lama bisnis anda akan berkembang, dll.
Baik Mas Purbo, selamat menjalani dunia Anda yang baru sebagai seorang wirausaha muda.
Salam pemasaran! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar