Jumat, 04 Januari 2013

silabus marketing mix


SILABUS

NAMA SEKOLAH                  :   SMK NEGERI 1 SURABAYA
MATA PELAJARAN              :   Kompetensi Kejuruan
KELAS / SEMESTER         :   XII/5 dan 6
STANDAR KOMPETENSI   :   Melakukan Pemasaran Barang dan Jasa ( Dengan Aplikasi Marketing Mix )
KODE KOMPETENSI          :   121. KK.12
ALOKASI WAKTU :   80 X 45 menit

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
KARAKTER
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
12.1 Mengidentifikasi segmentasi pasar
Kognitif
Produk
1.     Mampu menjelaskan pengertian segmentasi pasar
2.     Mampu menguraikan tujuan dan manfaat segmentasi pasar
3.     Mampu menyebutkan syarat-syarat segmentasi pasar
4.     Mampu menyebutkan dasar segmentasi pasar
5.     Proses
6.     Mampu melakukan segmentasi pasar

7.     Psikomotor
8.     Mampu merancang strategi segmentasi pasar


9.     Afektif
10.   Menerapkan sikap cermat, dan teliti dalam menjelaskan pengertian  dan menyebutkan syarat-syarat segmentasi pasar
11.   Menerapkan sikap jujur, kreatif dan komunikatif dalam menyusun strategi segmentasi pasar
                                            
1.     Pengertian segmentasi pasar
2.     Tujuan segmentasi pasar
3.     Manfaat segmentasi pasar
4.     Syarat-syarat segmentasi pasar
5.     Dasar segmentasi pasar


1.     Menjelaskan pengertian segmentasi pasar secara cermat
2.     Menguraikan tujuan segmentasi pasar secara kreatif dan komunikatif
3.     Menyebutkan syarat-syarat segmentasi pasar dengan teliti dan kreatif
4.     Menyebutkan dasar segmentasi pasar dengan jujur ,komunikatif dan kreatif
1.     Tes Tertulis

2.     Penugasan
1.     Jujur
2.     Tanggung jawab
3.     Kreatif
4.     Komunikatif
5.     cermat
20
10
(2)

1.    Modul bahan ajar
2.    Buku penunjang Manajemen pemasaran Drs.indriyo.Gito sudarmo M.Com
3.    Buku penunjang Manajemen pemasaran Prof .Dr.Sofjan Assauri.M.Ba
12.2 Menyusun rencana pencapaian target pasar dan rencana   pemasaran

1.Definisi target pasar
2. Faktor-faktor target pasar
3.Strategi target pasar
4.Pemilihan strategi target pasar
5.     Perencanaan jangka pendek,sedang dan panjang
6.     Perencanaan tahunan dan dekade
7.     Perencanaan produksi berdasarkan perencanaan pemasaraan
8.     Perencanaan Produk Baru
9.     Perencanaan kegiatan pemasaran

1.     Mendefinisikan target pasar
2.     Mengidentifikasi faktor-faktor target pasar
3.     Meguraikan strategi target pasar
4.     Menentuakan strategi pasar dalampencapaian target pasar
5.     Menyusun perencanaan jangka pendek, sedang dan panjang
6.     Membuat membuat perencanaatahunan dan perencanaan dekade
7.     Membuat perencanaan produksi berdasarakan perencanaan pemasaran
8.     Membuat perencanaan produk baru
9.     Membuat perencanaan kegiatan pemasaran
·          Tes tertulis
·          Tes lisan
·          Diskusi
·          Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
1.     Jujur
2.     Tanggung jawab
3.     Kreatif
4.     Komunikatif
5.     cermat
30
15
(2)

1.    Modul bahan ajar
2.    Buku penunjang Manajemen pemasaran Drs.indriyo.Gito sudarmo M.Com
3.    Buku penunjang Manajemen pemasaran Prof .Dr.Sofjan Assauri.M.Ba
12.3 Menerapkan prinsip-prinsip marketing mix

1.     Definisi marketing mix
2.     Faktor-faktor yang mempengaruhi markrting mix
3.     Penetapan haraga
4.     Saluran pemasaran
5.     Peranan promotion Mix

1.     Mendefinisikan marketing mix\
2.     Mengidentifikasi faktor-faktor penunjang pemasaran
3.     Mampu menentukan penetapan harga
4.     Mampu menentukan lokasi kantor penyalur yang strategis
5.     Mampu menguraikan peranan promotion mix
1.     Tes Tetulis
2.     Penugasan

1.     Jujur
2.     Tanggung jawab
3.     Kreatif
4.     Komunikatif
5.     cermat

30
15
(2)


1.    Modul bahan ajar
2.    Buku penunjang Manajemen pemasaran Drs.indriyo.Gito sudarmo M.Com
3.    Buku penunjang Manajemen pemasaran Prof .Dr.Sofjan Assauri.M.Ba        Ngadiman, dkk. Marketing untuk SMK. 2008. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan        Rizal, Samsul dan Widanigsih. Modul Melakukan Pemasaran Barang dan Jasa. 2011. Bandung. Erlangga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar